• SMA NEGERI 1 MANGGAR
  • Totality Is The Key To Quality

SMAN 1 Manggar Belitung Timur Juarai OSN Kabupaten Beltim 5 Tahun Berturut-turut

Sepak terjang SMAN 1 Manggar dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten Belitung Timur (Beltim) belum terkalahkan.

Tahun 2024 ini, SMAN 1 Manggar kembali menyabet gelar juara umum OSN Kabupaten Belitung Timur setelah berhasil mendapatkan 6 dari 9 medali emas pada Rabu (17/4/2024) kemarin.

Rinicannya, enam emas, tiga perak, dan satu perunggu. Sedangkan 3 orang lainnya lolos ke tingkat provinsi karena telah melewati ambang batas nilai yang ditentukan.

Oleh sebab itu, total perwakilan SMAN 1 Manggar yang akan ke tingkat provinsi berjumlah 13 orang peserta.

Kepala SMAN 1 ManggarSabarudin menuturkan, SMAN 1 Manggar berhasil lima tahun berturut-turut berhasil menjadi juara umum dalam kompetisi ini.

Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini penyelenggaraan OSN dilakukan secara campuran. Artinya, seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dilakukan secara online, sedangkan untuk tingkat nasional akan dilakukan secara luring.

Dengan demikian, nantinya 13 siswa akan mengikuti seleksi tingkat provinsi secara online.

Adapun siswa yang berhasil meraih medali emas OSN tingkat kabupaten adalah Obel Otsman (Astronomi), Rayhan Fairuz Akram (Informatika), Wilson Ravelio (Matematika), Keiry Violline (Fisika), Vilson Afrianto (Kebumian), dan Elvina Chandra Simmanuel (Geografi).

Kemudian medali perak didapatkan oleh Daniel Excel (Informatika), Andes Carlie Jonathan (Biologi), dan Kennedy Jonyueldo (Geografi) , disusul oleh Anggie Pratiwi yang berhasil meraih medali perunggu pada bidang Informatika.

Selanjutnya, Deon Aknabil (Biologi), Lutfiah (Astronomi),dan Nadina Auliah Fatihah (Geografi), yang juga lolos setelah melewati nilai ambang batas.

Bertahannya tim OSN SMAN 1 Manggar sebagai juara umum, membuat semua pihak berbangga.

Seperti peraih medali emas bidang Astronomi, Obel Ostsman Syabana, yang merasa bersyukur dan bangga.

”Tentunya bersyukur dan bangga dapat kembali menjadi medalis di bidang Astronomi. Semoga kekalahan di nasional tahun kemarin dapat berbalas dan berbuah menjadi medalis di tahun ini,” kata Obel kepada Posbelitung.co seperti dalam rilis SMAN 1 Manggar, Kamis (18/4/2024).

Rasa syukur yang sama juga disampaikan oleh medalis emas bidang Kebumian, Vilson Afrianto. Ia mengatakan bahwa capaiannya hari ini adalah suatu hal yang sangat patut untuk

"Saya sangat bersyukur dapat menjadi peraih medali emas di OSN-K kali ini. Ini tahun kedua saya di bidang yang sama, namun tahun sebelumnya masih belum berhasil mendapatkan medali emas. Oleh sebab itu, saya bersyukur tahun ini menjadi yang terbaik dan tentunya bukan hanya di tingkat kabupaten ini. Harapan saya dapat menjadi terbaik di tingkat nasional nantinya,” tutur Vilson.

Hal serupa juga disampaikan oleh medalis emas bidang Matematika, Wilson Ravelion.

Ia mengatakan, target yang ingin dicapainya bukan lagi tingkat provinsi, namun tingkat nasional.

 

“Hal ini jelas tidak akan kami dapatkan dengan mudah. Kami pastinya akan terus belajar dan berlatih kembali dan tentunya kami masih sangat membutuhkan dukungan dan doa dari semua pihak. Apalagi ini kali pertama setelah beberapa waktu SMAN 1 Manggar berhasil menjadi medalis di bidang matematika,” ucap Wilson.

Sementara itu, pembina bidang Informatika, Resgiana berharap capaian prestasi ini dapat terus dipertahankan sampai ke tingkat nasional. Hal tersebut juga disampaikan oleh ketua tim OSN SMAN 1 Manggar, Jamilah Rachmaningsih.

”Pastinya kami berharap capaian ini dapat terus bertahan nantinya sampai ke tahap nasional. Jadi target kami tentunya adalah kembali membidik medali tingkat nasional. Semoga di tahun ini kami kembali dapat mempersembahkan medali tersebut untuk negeri serumpun sebalai,” kata Jamilah.

Rasa bangga dan ucapan terima kasih atas prestasi yang diraih tim OSN, juga diungkapkan Kepala SMAN 1 Manggar Sabarudin.

“Saya benar-benar bangga dan berterima kasih kepada tim OSN, pembina, pelatih, dan pembimbing yang telah mempertahankan gelar juara umum ini. Selamat kepada seluruh tim yang telah sangat luar biasa berjuang mempersembahkan yang terbaik bagi SMAN 1 Manggar,” ucapnya.

"Ini adalah tahun kelima kami berhasil menjadi juara umum tingkat kabupaten. Harapannya, tentu hasil ini akan terus berlanjut sampai tingkat nasional bahkan internasional nantinya. Semoga tim ini dapat terus jaya dan membawa naik baik sekolah, kabupaten, provinsi, nasional dan tentunya dapat kembali bertanding di kancah internasional," kata Sabarudin.

Artikel ini telah tayang di PosBelitung.co dengan judul SMAN 1 Manggar Belitung Timur Juarai OSN Kabupaten Beltim 5 Tahun Berturut-turut, https://belitung.tribunnews.com/2024/04/18/sman-1-manggar-belitung-timur-juarai-osn-kabupaten-beltim-5-tahun-berturut-turut#google_vignette.
Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pelepasan Siswa Kelas XII Smansa Manggar, 48 Siswa Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

Manggar, Diskominfo SP Beltim – SMA Negeri 1 (Smansa) Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melaksanakan pelepasan 276 siswa/siswi kelas XII Tahun Ajaran 2023-2024, Alum

04/05/2024 23:27 WIB - Administrator
Kapolres Beltim Hadiri Pelepasan Siswa/Siswi SMAN 1 Manggar dan SMKN 1 Manggar

Polres Belitung Timur, Hubungan Masyarakat – Manggar. Kapolres Belitung Timur AKBP Arif Kurniatan, SIK, MM, menghadiri acara Perpisahan dan Pelepasan siswa/siswi Kelas XII SMA

04/05/2024 23:05 WIB - Administrator
Pengumuman Kelulusan Siswa SMAN 1 Manggar, 3 Siswa Terbaik Program IPA dan IPS Angkatan 41

SMAN 1 Manggar mengumumkan kelulusan siswa kelas XII untuk tahun ajaran 2023/2024 pada Selasa 23 April. Setelah menjalani tiga tahun pendidikan di sekolah tersebut, momen tersebut dinan

04/05/2024 22:50 WIB - Administrator
OSN Kabupaten Beltim, SMAN 1 Manggar Jadi Juara 5 Tahun Berturut

Sepak terjang SMAN 1 Manggar dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten Belitung Timur (Beltim) belum terkalahkan. Tahun 2024 ini, SMAN 1 Manggar kembali menyabet gelar juar

18/04/2024 19:59 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Peduli 2024, SMANSA Bagikan 383 Paket Sembako Senilai Rp39.415.000

Didik SMANSA Peduli SMAN 1 Manggar kembali di gelar pada Rabu (03/04)  dan Kamis (04/04) didepan kantor camat Manggar. Kegiatan ini merupakan hal rutin yang dilakukan SMAN 1 Mangg

08/04/2024 11:22 WIB - Administrator
123 Pelajar Beltim Lulus Perguruan Tinggi Negeri Melalui Jalur SNBP 2024, Smansa Manggar Menjadi Yang Terbanyak.

 Sebanyak 123 pelajar Belitung Timur lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP). Sementara itu, terdapat 73 pelaja

08/04/2024 11:16 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Raih Prestasi Gemilang Karya Tulis Ilmiah Sumber Daya Air 2024, Sisihkan 1044 Peserta

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - SMAN 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Beltim) kembali mendulang prestasi gi

28/03/2024 13:02 WIB - Administrator
48 Siswa SMAN 1 Manggar Belitung Timur Lolos SNBP 2024, Arifki Berhasil Masuk Kedokteran Hewan IPB

Sebanyak 48 siswa di SMAN 1 Manggar berhasil lolos dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) untuk masuk perguruan tinggi negeri 

28/03/2024 12:54 WIB - Administrator
Inovasi Kampung Galaksi, Ajang Dakwah Kekinian SMAN 1 Manggar di Bulan Ramadan

Inovasi dan kreativitas selalu dilakukan oleh SMAN 1 Manggar. Dalam menyambut bulan ramadhan, sekolah dan tagline totalitas kunci kualitas ini kembali melakukan inovasi pada Jumat (8/03

12/03/2024 11:18 WIB - Administrator
Peningkatan Kompetensi Profesional Guru, Guru Besar Upi Bandung Berikan Inspirasi di Beltim

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI BELITUNG TIMUR SMAN 1 Manggar tidak hentinya terus melakukan inovasi dan pengembangan. Kali ini sekolah negeri tertua di Kabupaten Belitung Timur tersebu

12/03/2024 11:15 WIB - Administrator