• SMA NEGERI 1 MANGGAR
  • Totality Is The Key To Quality

SMAN 1 Manggar Raih Prestasi Gemilang Karya Tulis Ilmiah Sumber Daya Air 2024, Sisihkan 1044 Peserta

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - SMAN 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Beltim) kembali mendulang prestasi gimilang.

Kali ini, SMAN 1 Manggar meraih prestasi gemilang dalam lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR 2024.

Dalam lomba karya tulis ilmiah, Selasa 26 Maret 2024, SMAN 1 Mangggar berhasil menjadi 10 besar terbaik dengan menyisihkan sebanyak 1044 Peserta.

Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke XXXII tahun 2024 secara nasional untuk siswa SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia. Tema besar lomba karya tulis tahun ini adalah “Air untuk Kemakmuran Bersama” dengan lima sub tema yang dapat dipilih oleh peserta.

Tidak tanggung-tanggung, sampai pendaftaran ditutup terdapat 1044 makalah perwakilan siswa masuk untuk mengikuti lomba karya tulis tersebut. 

Dari seluruh makalah, SMAN 1 Manggar berhasil menjadi 10 terbaik bersama sembilan sekolah di Indonesia.  Seluruhnya dinilai menyajikan karya-karya ilmiah terbaiknya, sehingga berhak untuk masuk 10 besar. 

Kemudian, SMAN 1 Sumatera Barat, SMAN 7 Tangerang (Banten), SMAN 1 Gegesik (Jawa Barat), SMA Darma Bangsa (Lampung), dan SMA Ar-Rohma IIBS 2 Malang (Jawa Timur). Mereka menyajikan karya tulis dengan judul ”Dampak Penambangan Timah Inkonvensional di Aliran Sungai Lenggang terhadap Suplai Air Bersih bagi Masyarakat”. 

Karya ini diambil dari hasil kepedulian SMAN 1 Manggar terhadap lingkungan tanpa meninggalkan faktor ekonomi yang terkait dengan hal tersebut.

Mereka membedah pengaruh tambang terhadap suplai air dan tentunya faktor penting ekonomi yang harus menjadi perhatian serius seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah. 

”Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah kami dapat menjadi salah satu yang terbaik dari ribuan orang yang sudah mengirimkan karyanya," kata Amru. 

Amru masih tidak menyangka karena judul karya dan makalah yang dikirimkan oleh sekolah-sekolah lainnya juga luar biasa. "Namun sekali lagi kami sangat bersyukur atas terpilihnya kami menjadi sepuluh besar," ungkapnya.

Ungkapan syukur yang sama juga disampaikan oleh Muhammad Nabil Asrar. Ia mengatakan bahwa keberhasilan ini adalah berkat dukungan dari seluruh pihak. 

”Sama halnya seperti Amru, saya juga mengucapkan syukur yang luar biasa kepada Allah SWT. Karena benar-benar merasa luar biasa diberikan kepercayaan ini," ucap Nabil

Oleh karenanya, Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung. Baik kepada kedua orang tua, kepala sekolah, guru-guru, dan pihak lainnya.

"Terimakasih juga terkhusus untuk pembimbing kami, bapak Hariyanto atas kepercayaan, kesabaran, dan bimbingannya," ungkap Nabil.

Rekannya Amru, juga ikut menimpali. Kedua juga mengucapkan pula kepada PERUMDAM Belitung Timur yang telah dengan luar biasa menerima mereka untuk melakukan penelitian.

Tidak terkecuali pula untuk seluruh masyarakat di sekitaran Sungai Lenggang, Kecamatan Gantung yang juga telah memberikan tanggapannya. "Semoga hasil penelitian ini nantinya dapat menjadi masukan untuk adanya win win solution bagi seluruh pihak dan tentunya untuk menjaga sumber dan suplai air bagi masyarakat”, harap Amru. 

Pembimbing karya tulis ilmiah SMAN 1 Manggar, Hariyanto mengaku bangga dengan capaian anak bimbingannya tersebut. "Pastinya selamat kepada Amru dan Nabil yang sudah sangat luar biasa." katanya.

Haryanto sangat bangga dengan capaian ini, karena tentu untuk menjadi salah satu yang terbaik bukanlah hal yang mudah.

Terlebih Amru dan Nabil ini adalah pendatang baru untuk dunia karya tulis ilmiah. Mereka benar-benar belajar dari nol.

"Dan saya pribadi menyaksikan sendiri bagaimana mereka berproses sehingga menghasilkan karya luar biasa ini," kata Hariyanto. 

Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin juga mengucapkan selamat atas capaiannya siswanya tersebut.

”Selamat pastinya untuk tim karya ilmiah, Amru dan Nabil yang sudah sangat membanggakan," kata Sabarudin.

Menurut Sabarudin, keduanya benar-benar luar biasa karena telah mampu menjadi salah satu yang terbaik dari ribuan peserta yang mengikuti lomba tersebut. 

 

"Selamat pula kepada pembimbing mereka, pak Hariyanto yang sudah membimbing mereka sehingga mampu ke tahap ini. Semoga prestasi ini semakin membuat iklim meneliti di SMAN 1 Manggar semakin meningkat," ucapnya. 

 

 
(ADMIN, HR)
 

Komentar

Prestasi yang luar biasa. Semangat terus generasi bangsa :)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
OSN Kabupaten Beltim, SMAN 1 Manggar Jadi Juara 5 Tahun Berturut

Sepak terjang SMAN 1 Manggar dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten Belitung Timur (Beltim) belum terkalahkan. Tahun 2024 ini, SMAN 1 Manggar kembali menyabet gelar juar

18/04/2024 19:59 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Belitung Timur Juarai OSN Kabupaten Beltim 5 Tahun Berturut-turut

Sepak terjang SMAN 1 Manggar dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten Belitung Timur (Beltim) belum terkalahkan

18/04/2024 19:55 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Peduli 2024, SMANSA Bagikan 383 Paket Sembako Senilai Rp39.415.000

Didik SMANSA Peduli SMAN 1 Manggar kembali di gelar pada Rabu (03/04)  dan Kamis (04/04) didepan kantor camat Manggar. Kegiatan ini merupakan hal rutin yang dilakukan SMAN 1 Mangg

08/04/2024 11:22 WIB - Administrator
123 Pelajar Beltim Lulus Perguruan Tinggi Negeri Melalui Jalur SNBP 2024, Smansa Manggar Menjadi Yang Terbanyak.

 Sebanyak 123 pelajar Belitung Timur lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP). Sementara itu, terdapat 73 pelaja

08/04/2024 11:16 WIB - Administrator
48 Siswa SMAN 1 Manggar Belitung Timur Lolos SNBP 2024, Arifki Berhasil Masuk Kedokteran Hewan IPB

Sebanyak 48 siswa di SMAN 1 Manggar berhasil lolos dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) untuk masuk perguruan tinggi negeri 

28/03/2024 12:54 WIB - Administrator
Inovasi Kampung Galaksi, Ajang Dakwah Kekinian SMAN 1 Manggar di Bulan Ramadan

Inovasi dan kreativitas selalu dilakukan oleh SMAN 1 Manggar. Dalam menyambut bulan ramadhan, sekolah dan tagline totalitas kunci kualitas ini kembali melakukan inovasi pada Jumat (8/03

12/03/2024 11:18 WIB - Administrator
Peningkatan Kompetensi Profesional Guru, Guru Besar Upi Bandung Berikan Inspirasi di Beltim

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI BELITUNG TIMUR SMAN 1 Manggar tidak hentinya terus melakukan inovasi dan pengembangan. Kali ini sekolah negeri tertua di Kabupaten Belitung Timur tersebu

12/03/2024 11:15 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Bangka Belitung Nyaba Ka SMAN 15 Bandung.... Ternyata Jadi Kepala Sekolah Harus "Gila"....

Jumat, 1 Maret 2024 SMAN 15 Bandung menerima kunjungan Kepala SMAN 1 Manggar beserta tim, diterima di ruang rapat wakasek SMAN 15 Bandung.  Hadir Sabarudin, M,

12/03/2024 11:10 WIB - Administrator
Studi Tiru di Dua Sekolah, SMAN 1 Manggar Panen Ilmu di Bekasi & Bandung

SMA Negeri 1 Manggar tidak hentinya mengembangkan kemampuan kepala sekolah, guru dan siswanya. Guna mengembangkan hal tersebut, sekolah ini melakukan studi tiru ke SMA Islam PB Soedirma

12/03/2024 11:04 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar dan SMAN 2 Tanjungpandan Tandatangani MoU Pemanfaatan Chromebook

BELITONGEKSPRES.COM, MANGGAR - SMAN 1 Manggar dan SMAN 2 Tanjungpandan lakukan kerjasama mengenai pemanfaatan Chromebook dalam pembelajaran, Senin 12 Februari 2024.  Kerjasam

13/02/2024 07:10 WIB - Administrator